Menjaga Tubuh dari 5L

Agar kondisi tubuh tetap segar dan bugar, kita perlu olahraga teratur, menjaga asupan makanan, serta istirahat cukup. Selain itu, sejumlah kiat berikut bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh:
1. Hirup Udara Bersih
Usahakan selalu menghirup udara bersih. Tidak perlu repot mencari udara pegunungan. Udara pagi cukup baik untuk paru-paru. Bersihkan rumah dan ruangan kerja secara teratur termasuk, kipas, dan AC.
2. Perbanyak minum air putih
Air putih adalah yang terbaik dari minuman apapun. Biasakanlah minum air putih 8-10 gelas per hari. Kebiasaan ini akan membantu menjaga kelancaran fungsi ginjal dan saluran kemih. Upayakan minum air hangat di malam hari dan air sejuk bukan air es di siang hari. Tambahkan juga sedikit perasan jeruk lemon atau jeruk nipis. Selain baik untuk menyegarkan diri, minuman ini sekaligus membantu mengeluarkan toksin dari dalam tubuh.
3. Konsumsi Menu Bergizi dan Seimbang
Pilihlah menu dengan gizi yang cukup, seimbang, dan bervariasi. Perbanyak konsumsi sayuran hijau dan buah yang mengandung banyak serat dan zat gizi yang diperlikan tubuh. Sebisa mungkin hindari junk food dan makanan olahan., serta kurangi konsumsi garam dan gula. Satu lagi, jangan lupa sarapan pagi, karena sarapan pagi dapat menunjang aktifitas kita sepanjang hari.
4. Seimbangkan antara Kerja, Olahraga, dan Istirahat
Kerja keras tanpa istirahat sama sekali tidak ada untungnya bagi Anda. Biasakan istirahat terarur 7-8 jam pada malam hari dan jangan sering begadang atau tidur terlalu malam. Gunakan waktu senggang untuk berolahraga ringan atau sekadar melemaskan otot-otot persendian. Dengan berolahraga 2-3 kali per minggu, selama 45 menit, cukup membuat tubuh bugar dan stamina prima.

5. Kontrol Kerja Otak
Seperti halnya tubuh, otak juga butuh istirahat. Jangan terlalu memberi beban terlalu banyak, karena otak pun memiliki memori yang terbatas. Lakukan kegiatan di waktu senggang yang membuat otak bekerja lebih santai, misalkan melakukan hobi yang menyenangkan: melukis, membaca novel terbaru, atau mendengarkan musik.
Tubuh letih dan pikiran kusut kalau dibiarkan berkepanjangan (sampai dibawa ke kamar tidur), akan menurunkan daya kerja sistem kekebalan tubuh. Pada gilirannya memudahkan serangan penyakit.
6. Jalani Hidup secara Harmonis
Gunakan akal sehat dalam menjalani hidup. Ini kunci hidup harmonis. Jangan mengorbankan hidup dengan menuruti kesenangan diri lewat kebiasaan hidup yang buruk dan berisiko. Misalkan, minum-minuman keras, merokok, atau menggunakan obat-obatan terlarang. Sebisa mungkin perkecil risiko terjadinya stres emosional atau psikis.
7. Gunakan Suplemen Gizi Hanya Jika Perlu
Tubuh kita memerlukan antioksidan (betakaroten), vitamin C, vitaminE, dan selenium. Semua zat ini dibutuhkan oleh tubuh untuk meningkatkan vitalitas dan memperpanjang usia harapan hidup. Untuk memperolehnya selain mengkonsumsi makanan segar, bias juga dengan cara mengkonsumsi suplemen keseshatan yang banyak dijual di pasaran. Penggunaan suplemen lebih dianjurkan sebagai terapi alternatife saja, dengan mengutamakan jenis suplemen makanan yang sudah diteliti dan bermanfaat.
Martha Kristiani K.
20208776

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s